Artikel

20 Februari 2020, SDK Mater Dei Pamulang, Andri

MAJU ADIWIYATA TINGKAT PROVINSI

MAJU ADIWIYATA TINGKAT PROVINSI

Selamat datang kami ucapkan kepada Bapak Ibu asesor. Terimalah salam hormat kami putra dan putri Mater Dei Pamulang siap jadi warga adiwiyata. Itulah lagu yang dinyanyikan anak-anak SDK Mater Dei dengan penuh semangat dan menggema menyambut kedatangan tim Ferivikasi adiwiyata tingkat Provinsi Banten.

Rabu (19/2/2020) setelah doa pagi pukul 07.00 anak-anak sudah siap untuk menyambut kedatangan tim ferivitasi yang akan menilai adiwiyata SDK Mater Dei maju ke tingkat Provinsi. Persiapan penyambutan mulai dari formasi barisan, lagu-lagu penyambutan pun diperagakan di halaman depan sekolah Mater Dei. Suara lagu-lagu dan musik kulintang dipagi itu begitu menggema. Anak-anak yang yang berada di lantai 2 turut bernyanyi menyanyikan lagu mars Adiwiyata SDK Mater Dei.

Tim ferivikasi tingkat provinsi dijadwalkan akan hadir pukul 10.30. Waktu yang cukup untuk mempersiapkan penyambutan. Persiapan penyambutan dirasa cukup maka anak-anak diberi kesempatan untuk istirahat menikmati makanan atau bekal yang dibawa supaya pada saat penyambutan anak-anak tidak ada yang sakit.

Waktu telah menunjukkan pukul 10.00.  Anak-anak yang telah ditunjuk untuk menyambut kembali bersiap-siap dilapangan. Mereka kembali di posisinya. Kelompok paduan suara kembali menyanyikan lagu-lagu untuk penyambutan yang diiringi musik kulintang dan drumb. Begitu pula tim penerima tamu sudah bersiap-siap di depan pintu gerbang. Waktu telah lewat dari pukul 10.30 namun tim yang ditunggu-tunggu belum juga datang.  Meskipun yang ditunggu-tungu belum tiba anak-anak tetap dintruksikan untuk bersiap-siap dilapangan.

Sekitar pukul 10.45 tim ferivikasi tiba di SDK Mater Dei. Tim ferivikasi disambut oleh tim penerima tamu, kepala sekolah depan pintu gerbang. Lagu Selamat datang dinyanyikan oleh kelompok paduan suara yang diiringi musik kulintang. Setelah lagu selamat datang dilanjutkan dengan lagu Mars Adiwiyata. Suara begitu menggema karena semua anak yang dilantai 2 turut menyanyikan lagu Mars Adiwiyata.  Tim ferivikasi adiwiyata kemudian di antar oleh Sunu (Kelas 5D) yang menari cucuk lampah ke tempat yang sudah dipersiapkan. Tim dipersilahkan duduk dan menyaksikan penampilan musik kulintang dan paduan suara di halaman sekolah. Kelompok paduan sura SDK Mater Dei menyanyikan lagu-lagu antara lain: NUSANTARA, NYIUR HIJAU, MANUK DADALI. Sambil mendengarkan persembahan lagu-lagu dari dari anak-anak SDK Mater Dei, tim ferivikasi diberi kehormatan untuk memetik tanam sayuran hasil penamanan anak.

Setelah prosesi penyambutan kemudian tim ferivikasi diantar menuju ruang ferivikasi. Acara dimulai dari doa pembukaan, sambutan dari ketua Adiwiyata yaitu Bapak Fransiskus Sarwiyadi, sambutan kepala sekolah yaitu Suster Elis Marie SPM, kemudian dilanjutkan dengan penayangan profil SDK Mater Dei tahun 2019 – 2020. Acara selanjutnya adalah inti yaitu proses Ferivikasi Adiwiyata. Dalam proses ferivikasi ini tim dibagi menjadi 2 yaitu tim yang menilai bidang administrasi dan tim yang yang melihat langsung dilapangan. Tim Adiwiyta SDK Mater Dei  yang telah ditugaskan mendampingi untuk menunjukan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan oleh tim Ferivikasi.

Pukul 12.45 proses ferivikasi telah selesai dilakukan. Tim ferivikasi menyampaikan hasil evaluasi dan masukan-masukan yang posistif bagi SDK Mater Dei. Tim ferivikasi juga menyampaikan hal-hal yang harus disempurnakan apabila bisa lanjut untuk menyambut maju penilaian adiwiyata tinggkat nasional. Masing-masing dari tim ferivikasi tingkat propinsi memberikan hasil evaluasi baik terhadap kesiapan SDK Mater Dei Pamulang. Ini membuat kami gembira, bangga dan termotivasi. Setelah evaluasi dari masing-masing tim ferivikasi, acara dilanjutkan dengan foto bersama dan acara ramah tamah. Semoga hasil penilaian dari tim ferivikasi tingkat provinsi akan memberikan nilai yang terbaik untuk adiwiyata SDK Mater Dei, dan bisa lanjut maju ke tingkat nasional.

                                                                                                                                                                     Penulis: Andri Sulistyanto