Artikel

18 Februari 2020, SDK Mater Dei Pamulang, Andri

SD MATER DEI SEKOLAH BERBASIS LINGKUNGAN

SD MATER DEI SEKOLAH BERBASIS LINGKUNGAN  

Sr. Elis Marie SPM

Kata Adiwiyata berasal dari bahasa Sansekerta yaitu Adi dan Wiyata. Adi berarti besar, agung, baik, ideal, atau sempurna sedangkan wiyata berarti tempat di mana seseorang mendapatkan ilmu pengetahuan, norma, dan etika. Jadi adiwiyata berarti tempat yang besar, agung, baik, dan indah di mana tempat itu digunakan oleh seseorang untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, norma, dan etika. Adapun adiwiyata mempunyai dua tujuan yaitu tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umum adiwiyata adalah membentuk sekolah peduli dan berbudaya lingkungan yang mampu berpartisipasi dan melaksanakan upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan  bagi kepentingan generasi sekarang maupun yang akan datang. Sedangkan tujuan khusus adiwiyata adalah mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan melalui tata kelola sekolah yang baik untuk untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

SD Mater Dei Pamulang sebagai sekolah katolik yang berada di kompleks Witana Harja Country Estate ikut ambil bagian dalam menyelamatkan lingkungan sekitar dengan menjadikannya sekolah yang berwawasan lingkungan dengan membiasakan warga sekolah untuk peduli pada lingkungan. Untuk itu, diperlukan keterlibatan dari berbagai pihak diantaranya guru, karyawan, pelaksana, siswa, paguyupan kelas, wali murid, dan masyarakat sekitar. Adiwiyata tidak akan berhasil tanpa adanya dukungan dari orang-orang yang ada di sekitarnya. Adiwiyata harus berdampak pada warga sekolah dan juga pada masyarakat sekitar yaitu adanya perubahan perilaku. Warga sekolah harus berperilaku yang mencerminkan kecintaan terhadap lingkungan seperti hemat energi, hemat air, menanam tanaman, tidak membuang makanan, cuci tangan, peduli sampah,dan miminimalisir  sampah plastik, kaleng, botol, dan sampah-sampah unorganik lainnya. Maka, siswa-siswi SD Mater Dei belajar untuk menghemat energi dengan menyalakan lampu jika diperlukan, menyalakan AC setelah pkl 09.00 WIB, mematikan kran air jika tidak diperlukan, menanam tanaman buah dan tanaman hias, membawa bekal dari rumah secukupnya dan diusahkan makanan yang sehat yaitu nasi, sayur dan lauk. Anjuran dari sekolah supaya anak-anak mengurangi makan makanan instant dan makanan yang mengandung 5P yaitu penyedap, pewarna, pengenyal, pemanis, dan pengawet makanan. 

SD Mater Dei mengajak warga sekolah untuk peduli lingkungan dengan mencintai lingkungan dengan menanam tanam-tanaman baik itu tanaman buah, bunga, tanaman hias, tanaman toga, serta berbagai jenis tanaman peneguh dan pencegah longsor. Sampai saat ini di SD Mater Dei sudah memiliki ratusan tanaman. Dengan adanya berbagai tanaman itu SD Mater Dei menyumbangkan oksigen yang sangat berguna untuk kehidupan mahluk hidup.