Artikel

21 Agustus 2019, SDK Mater Dei Pamulang, Andri

GUGUS DEPAN LENGKAP

GUGUS DEPAN LENGKAP

Sejak bulan Agustus 2018 Gugus Depan yang berbasis di SD, SMP, dan SMA Mater Dei Pamulang melebur menjadi satu Gugus Depan yaitu Gugus Depan Sugiyopranoto – Walanda Maramis nomor 04283–04284 dengan basis Sekolah Katolik Mater. Dengan meleburnya  Gugus Depan dari masing-masing basis di unit SD, SMP, SMA  tersebut menjadikan gugus depan yang berbasis di sekolah Mater Dei menjadi Gugus Depan Lengkap.

Pengkuhan Gugus depan sebagai gugus depan lengkap di lakukan pada tanggal 24 Agustus 2018, dengan dikeluarkankan suarat keputusan Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Pamulang Nomor: 09 Tahun 2018 Tentang Pengukuhan Gugus Depan  Sugiyopranoto – Walanda Maramis 04283 – 04284 Basis Sekolah Katolik Mater Dei

Apa itu Gugus Depan?

Gugus depan kesatuan organik dalam Gerakan Pramuka yang merupakan wadah untuk menghimpun anggota Gerakan Pramuka sebagai Peserta Didik Pembina Pramuka dan Majelis Pembimbing Gugus depan. Anggota putera dan puteri dihimpun dalam Gudep yang terpisah, masing - masing merupakan Gudep yang berdiri sendiri. Gugus Depan merupakan ujung tombak Gerakan Pramuka, karena kepramukaan sebagai proses pendidikan progresif diselenggarakan dalam satuan - satuan pramuka yang terhimpun dalam Gugus Depan. Tujuan dibentuknya Gugus depan sebagai wadah terhimpunnya Perindukan Siaga, Pasukan Penggalang, Ambalan Penegak dan Rancana Pandega, adalah untuk :

  1. memudahkan pengelolaan dan penyelenggaraan kepramukaan dalam mencapai tujuan Gerakan Pramuka.
  2. memudahkan dan menjamin dilaksanakan proses pendidikan progresif yang utuh/komplit secara efisien dan efektif.
  3. memudahkan dan menjamin dilaksanakannya kepramukaan sebagai proses pendidikan sehat, terencana dan praktis.
  4. memudahkan terjadinya interaksi antara Pembina Pramuka dan Pembantu Pembina Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega guna menjamin kesinambungan proses pendidikan progresif yang utuh/komplit.

Apa itu Gugus Depan Lengkap?

Gugus Depan lengkap adalah gugus depan yang memiliki satu Perindukan Siaga, berusia 7 - 10 tahun, satu Pasukan Pramuka Penggalang, berusia 11 - 15 tahun, satu Ambalan Pramuka Penegak, berusia 16 - 20 tahun.

Upacara pengukuhan Gugus Depan lengkap Gugus Depan Sugiyopranoto – Walanda Maramis nomor 04283–04284 dengan basis Sekolah Katolik Mater dilaksanakan di aula SMP Mater Dei yang dihadiri oleh 2 barung pramuka siaga putra dan putri, 2 regu pramuka penggalang tingkat SD, 2 regu pramuka penggalang tingkat SMP, dan 2 sangga parmuka penegak. Hadir pula dalam upacara jajaran Majelis Pembimbing Gugus Depan dan Pengurus Gugus depan yang akan dilantik untuk masa bakti 2018 -20123. Prosesi pelantikan dilakukan dilakukan dalam sebuah upacara pelantikan yang dipimpin langsung oleh Ketua Kwartir Ranting Pamulang yaitu Kak Sutikyono, M.Pd. Dalam prosesi pelantikan itu juga dilakukan penyerahan Surat Keputusan Pengukuhan Gugus Depan yang baru, Penandatangan bendera tunas kelapa, dan penyematan tanda jabatan baik kepada Majelis Pembimbing Gugus Depan maupun pengurus Gugus Depan.

Dengan memiliki Gugus Depan lengkap sekolah Mater Dei diharapkan pembinaan kepramukaan dapat berjalan secara berkesinambungan antar tingkatan. Pembinaan karakter siswa, dan nilai-nilai kepramukaan akan terus berkesinambungan. Terciptanya tata kelola administrasi kepramukan dengan baik. Pemberian tanda kecakapan umum ( TKU ) akan lebih mudah terkontrol dan teradminstrasi dengan baik. Minat, pengetahuan, dan keterampilan siswa dibidang kepramukaan akan semakin berkembang.