Artikel

21 Agustus 2019, SDK Mater Dei Pamulang, Andri

PASKIB HUT RI KE-73

PASKIBRA HUT RI KE 73

 

Pada tahun 2018 ini, paskibra SDK Mater Dei mendapat tugas pengibaran bendera dalam upacara HUT RI ke 73 di SMAK Mater Dei. Anggota paskibra diambil dari seluruh anggota paskibra berjumlah 30 orang dari seluruh kelas 5&6. Latihan di mulai pada awal tahun ajaran baru 2018-2019. Pada latihan awal dilakukan di SDK Mater Dei bersama Kak Iyus dan Kak Fahmi dari Bhayangkara RI.

Ini menjadi suatu kebanggaan bagi kami dan SDK Mater Dei karena pertama kali mendapat tugas upacara di SMAK Mater Dei. Untuk membuat kak Iyus dan Kak Fahmi bangga, tentu saja kami berlatih dengan sungguh-sungguh dan semangat. Jadwal latihan setiap pulang sekolah, sekitar jam 14.00 sampai jam 15.30. Selama latihan kami hanya mendapat sedikit waktu istirahat. Namun, selama waktu istirahat, kami tidak diperbolehakan jajan es atau makanan berminyak demi kesehatan fisik kami untuk bertugas dengan baik. Latihan ini membuat fisik kami semakin kuat,dengan cuaca yang begitu panas. Walaupun cuaca begitu panas dan membuat keringat bercucuran, tetapi kami semakin semangat untuk terus berlatih dengan serius, pantang menyerah.

Latihan paskibra ini meliputi PBB, formasi,dan bentuk-bentuk tugas masing-masing, misalnya pembawa baki, pengibar bendera, komando pasukan, dan pasukan pembentuk formasi. Formasi tersebut berbentuk angka 17-8. Komandan memberi kami aba-aba untuk bertugas sesuai komando.

Setiap kami akan latihan,kami berjalan kaki bersama Bu Martha. Pada tanggal 14 dan 15 Agustus, kami melakukan gladi kotor dan gladi bersih di SMAK Mater Dei bersama guru-guru dan kakak-kakak kelas yang ikut berpartisipasi dalam HUT-RI ke 73 di SMAK Mater Dei. Setelah gladi bersih, kami diberi makan siang dan minum. Kami juga diberi revisi dan motivasi untuk memberikan yang terbaik saat bertugas. Setelah kami makan siang, kami melanjutkan latihan sampai pukul 15.30. Pada tanggal 16 Agustus, kami tidak latihan sebagai ganti waktu untuk istirahat.

Tiba saatnya yang sangat kami nantikan yaitu pada tanggal 17 Agustus 2018 yang merupakan hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, hari dimana kami bertugas. Komando pertama kali, yaitu Thore yang memimpin seluruh pasukan masuk ke dalam lapangan upacara. Lalu pada saat kami tiba di tengah lapangan upacara, kami memecah pasukan menjadi 4 bagian. Pasukan 17 dipimpin oleh Eca, dan pasukan 8 dipimpin oleh Thore. Pasukan inti dipimpin oleh Nihan dan memecah lagi menjadi 2 bagian. Bagian pertama merupakan pasukan pembawa baki yang beranggotakan Nihan sebagai komando, Angelin, dan Berto. Bagian kedua merupakan pasukan pengibar bendera yang beranggotakan Keysia Rida, Quincy sebagai komando, dan Aretha. Selama proses upacara, kami dapat melakukan tugas kami masing-masing dengan baik. Selesai upacara, kami berfoto dengan kepala sekolah dan seluruh petugas upacara.